Macam-Macam Penyakit Ginjal yang Wajib di Ketahui

By | July 11, 2015

Ginjal yang kita miliki pada umumnya memiliki 1 pasang ginjal yang terletak di kanan dan kiri tulang belakang di bawah hati dan limpa, berbentuk mirip seperti kacang dan memiliki peranan yang penting bagi tubuh yakni menyaring kotoran dan membuang kotoran tersebut bersama air dalam bentuk urine.

Untuk itu kita harus senantiasa menjaga kesehatan ginjal kita, karna bila tidak dijaga akan muncul penyakit-penyakit yang dapat menyerang ginjal, sehingga ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik. Kotoran dalam tubuh pun tidak akan dikerluarkan dari tubuh sehingga menumpuk dan menimbulkan penyakit yang baru. Nah apa saja macam-macam penyakit pada ginjal ? Simak terus ya…

Baca Juga : Obat Tradisional Batu Ginjal

Macam-macam Penyakit Ginjal

penyakit ginjal

  1. Batu Ginjal
    Penyakit ginjal yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Batu ginjal ini merupakan suatu kondisi dimana terjadinya endapan garam kalsium di dalam ginjal yang menghambat keluar nya urine, sehingga menimbulkan rasa nyeri ketika buang air kecil.
  2. Gagal Ginjal
    Gagal Ginjal terjadi karena ginjal tidak dapat berfungsi lagi dengan baik. Gagal Ginjal dapat menyebabkan penimbunan urea di dalam tubuh dan menyebabkan kematian.
  3. Radang Ginjal
    Radang ginjal/nefritis dapat terjadi karena kerusakan nefron, khususnya glomerulus karena infeksi bakteri. Bakteri penyebab radang ginjal yakni streptococcus. Bakteri ini dapat menyebabkan urin yang seharusnya dikeluarkan oleh tubuh lalu masuk kembali ke dalam darah dan penyerapan air menjadi terganggu sehingga penderitanya akan mengalami pembengkakan. Penderita radang ginjal biasanya disarankan untuk cuci darah.
  4. Glukosuria
    Glukosuria adalah penyakit yang ditandai karena adanya kandungan glukos di dalam urin atau lebih dikenal dengan sebutan penyakit diabetes melitus. Kadar gula ini meningkat di dalam tubuh karena ginjal tidak dapat memproduksi hormoni insulin. Hormon insulin berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi glikogen yang biasa digunakan sebagai sumber energi.
  5. Hematuria
    Hematuria adalah penyakit yang ditandai karena adanya sel darah merah di dalam urine. Penyakit ini disebabkan karena adanya peradangan pada organ urinaria atau iritasi karena gesekan yang disebabkan oleh batu ginjal.
  6. Albuminuria
    Albuminuria adalah kelainan ginjal yang disebabkan karena adanya luka di membran glomerulus akibat kenaikan drah, iritasi/peradangan di sel ginjal akibat bakteri, logam berat, atau zat berbahaya lainnya.
  7. Radang Glomerulus
    Radang glomerulus atau nefritis glomerulus adalah peradangan yang terjadi di membran penyaringan glomerulus di dalam korpuskulum renalis. Disebabkan oleh reaksi alergi terhadap racun yang dilepaskan oleh bakteri lalu menginfeksi ke bagian tubuh lain nya khususnya pada tenggorokan. Baca juga : Obat Ginjal Bocor
  8. Sistisis
    Sistisis merupakan penyakit yang terjadi akibat peradangan pada kantung kemih terutama bagian mukosa dan sub mukosa. Penyebabnya yaitu infeksi bakteir, zat kimia atau luka.
  9. Pielenofritis
    Pielonefritis merupakan radang pada ginjal. Kondisi ini biasanya diawali dari bagian dalam ginjal yang menyebar ke seluruh bagian ginjal. Penyakit ini biasanya akan menyebabkan terjadinya gagal ginjal.
  10. Polisistik
    Polisistik dapat terjadi karena kerusakan ginjal yang menyebabkan munculnya kista di sepanjang saluran ginjal. Kista yang terus membesar dapat memicu terjadinya gagal ginjal.

Demikian macam-macam penyakit ginjal yang harus diketahui, semoga dapat menambah wawasan anda dan harus senantiasa menjaga kesehatan terutama menjaga kesehatan ginjal anda. SEMOGA BERMANFAAT

| MACAM-MACAM PENYAKIT GINJAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *